Masa Depan

Masa depan, masa yang akan datang, masa yang akan terjadi. Siapa yang tahu? Tidak ada. Dia masih penuh dengan misteri. Masa lalu, masa yang sudah terjadi, berlalu, dikenang, dan terlupakan. Begitulah masa gambaran masa lalu. Catatan membatu kita menjaga agar kita bisa mengingat masa lalu.

Di masa depan kita hanyalah masa lalu dan akan terlupakan. Bagaimana anda akan dikenang. Bagaimana anda terlupakan. Dan yang pasti tidak ada yang tahu. Seberapa akuratkah sebuah catatan akan menggambarkan sebuah masa? Berapa banyak yang bisa kita simpan dalam catatan? Tidak banyak dan bahkan tidak dapat menggambarkan secara pasti.

Penyebab utama terjadinya masa adalah waktu. Waktu berjalan dan masa berlalu. Masa lalu, masa kini, dan masa depan. Waktu berjalan menuju masa depan berlalu meninggalkan masa lalu.

Waktu sudah banyak berlalu menunggu sesuatu yang akan kutambahkan dalam tulisan ini. "Aku berencana mempublikasikan tulisan ini di masa depan dan masa depan itu adalah hari ini. Mungkin di masa yang akan datang bisa aku tambahkan lagi".

Kini catatan ini tinggal masa lalu.

Comments